SUBANG, 4 Januari 2022 – Rektor Universitas Subang menjadi pembicara dalam seminar nasional bertema “Subang Simpul Ekonomi Kawasan Rebana (Peluang dan Tantangan Peningkatan Performa Birokrasi dan SDM Unggul)” bersama lima pembicara lainnya. Seminar nasional ini dilaksanakan di Ball Room Sawala Ageung Fave Hotel Subang pada Selasa (4/01) pukul 09.00 – 12.00 WIB dan dihadiri diantaranya oleh Bupati Subang, Sekretaris Daerah Subang, dan tokoh-tokoh penting lainnya.

Acara dibuka oleh pembawa acara kemudian dilanjut oleh Nur’aeni, S.Psi., M.Si. selaku moderator yang selanjutnya mempersilakan Lukmanul Hakim, S. Ikom. sebagai ketua Pasundan Institute untuk memberi sambutan. Dalam sambutan tersebut, beliau menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan kegiatan seminar nasioanal ini. “Rencananya kegiatan ini hanya diikuti oleh 100 orang, karena antusias yang tinggi dari masyarakat, acara ini diikuti oleh 150 orang, harapannya masyarakat menyambut positif atas wacana kemajuan subang” tutur beliau. Sambutan kedua disampaikan oleh H. Ruhimat, S.Pd., M.Si. Beliau menaruh harapan kegiatan ini dapat memberi impact positif bagi rencana kemajuan Kabupaten Subang. “Kami ingin di forum ini betul bisa memberi input masukan, supaya Subang bisa lebih baik lagi”, beliau juga memberi pesan bahwa di hari yang akan datang, masyarakat Subang harus memiliki daya saing dalam hal sumber daya manusia (SDM). “Masyarakat subang jangan hanya menjadi penonton. Mari kita persiapkan SDM, jangan sampai saat SDM dipersiapkan, SDM kita tidak siap. Mudah-mudahan seminar ini bisa menjadi referensi bahan dan pembelajaran”. Setelah sambutan, Bupati Subang secara resmi membuka acara seminar nasional ini dengan pembacaan basmalah.

Setelah pembacaan sambutan, acara dilanjut oleh penyampaian materi pertama oleh Rektor Universitas Subang, Dr. Ir. A. Moeslihat Komara. Selaku akademisi, beliau menyajikan materi dengan judul “Proyek Improvement Birokrasi dan SDM Berkarakter Luhur dan Unggul” yang di dalamnya memuat “implementasi pendidikan karakter unggul yang diterapkan di Universitas Subang melalui revalisasi dan aktualisasi budaya pancasila, yaitu: cageur, bageur, bener, pinter, singer, maher, moher, tur teuneung ludeung dalam konstelasi subang simpul ekonomi kawasan rebana”. Penyampaian materi kemudian, dilanjut oleh empat tokoh penting lainnya yaitu Dr. Otong Rosadi, M.H. (Rektor Universitas Ekasakti), Irvan Afriandi, dr., MPH., DrPH. (Pakar Ilmu Kesehatan Masyarakat UNPAD), Bambang Wicaksono (Direktur PT. UPI Edun), dan Prof. Karim Suryadi, M.Si. (Guru Besar Komunikasi Politik UPI) dengan perspektif yang berbeda-beda.

Setelah penyampaian materi, acara selanjutnya adalah sesi Tanya jawab. Moderator menunjuk dua penanya karena keterbatasan waktu. Berakhirnya sesi Tanya jawab menunjukan bahwa acara yang telah berlangsung sekitar dua jam ini berakhir. Sebagai penutup, diadakan penyerahan pelakat penghargaan kepada pembicara oleh penyelenggara seminar nasional.