SUBANG, 22 Desember 2021 – Universitas Subang menyambut kedatangan perwakilan Universitas Galuh dalam rangka penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama program pascasarjana terkait pertukaran dosen. Dijadwalkan mulai pada Rabu (22/12) pukul 09.30, acara baru dapat dimulai sekitar pukul 11.00 WIB di aula Universitas Subang karena jarak yang ditempuh oleh Universitas Galuh mengalami hambatan. Adapun pihak Universitas Subang yang menghadiri kegiatan ini diantaranya yakni rektor dan wakil rektor, jajaran Kepala Biro, serta jajaran dekan. Sedangkan dari pihak Universitas Galuh, diwakili oleh wakil rektor I sekaligus direktur pascasarjana, ketua SPM, Kaprodi, dan dosen yang tergabung dalam tim pendiri program pascasarjana.

Setelah acara dimulai oleh pembawa acara, rektor sekaligus direktur pascasarjana Universitas Subang diperkenankan untuk memberi sambutan. Sambutan tersebut berisi ucapan terimakasih untuk panitia yang telah mempersiapkan acara dan kepada Universitas Galuh atas kehadiran serta kerjasama yang akan segera ditandatangani. Selain itu, rektor Universitas Subang juga menyampaikan permohonan maaf apabila sambutan yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena terkendala renovasi gedung Universitas Subang. “Mohon maaf jika sambutannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dikarenakan unsub sedang kuriak atau renovasi” tutur rektor Universitas Subang Dr. Ir. Drs. H. A. Moeslihat Komara, M.Si. Meski begitu, besar harapan rektor Universitas Subang agar kerjasama ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak. “semoga MoU ini bisa memberikan berkah dan manfaat untuk semuanya” lanjut beliau. “Kerjasama ini bisa dikatakan sebagai kampus out karena pihak unsub memperintahkan bapak Dr. Tepi Peirisal, S.Sos., M.Si. dari Fakultas Ilmu Komputer dan bapak Dr. Suherlan, S.Sos., M.Si. dari Program Studi Ilmu Administrasi Niaga untuk bertugas di Unigal”. Dr. Ir. Drs. H. A. Moeslihat Komara, M.Si. selaku rektor Universitas Subang berharap agar pihak Universitas Galuh dapat melakukan hal yang sama. “Harapannya kerjasama ini akan terus berlanjut, kedepannya diharapkan ibu/bapak dekan dapat menindaklanjuti MoU ini dengan kerjasama dalam bentuk apapun” tutur beliau. Sambutan beliau ditutup dengan memperkenalkan satu-persatu perwakilan Universitas Subang yang berada dalam aula pertemuan kemudian diakhiri dengan ucapan terimakasih dan salam. “Meskipun jarak Unsub dan Unigal jauh, tapi hubungannya sudah dekat” tutup beliau.

Sambutan selanjutnya disampaikan oled Wakil Rektor I sekaligus direktur pascasarjana Universitas Galuh. Sebagai pembuka, beliau memperkenalkan satu-persatu perwakilan yang hadir yakni tim pendiri program pascasarjana Universitas Galuh yang bertempat di Ciamis, Jawa Barat. Adapun Universitas Galuh meminta bantuan Universitas Subang untuk membantu mendirikan program pascasarjana atau S2. “Tim pendirian pascasarjana meminta bantuan unsub untuk menjadi penguat dalam pembentukan S2” tutur beliau. Terkait dengan penandatanganan MoU, beliau mengatakan bahwa perjanjian tersebut tidak ada gunanya jika tidak ditindaklanjuti dengan kerjasama lanjutan. “Terkait dengan MoU, MoU tidak ada harganya jika tidak ditindaklanjuti. Nah, tindak lanjutnya adalah kerjasama. Harapannya, Unigal dan Unsub dapat bekerjasama dalam hal MBKM, terutama untuk Fakultas Pertanian. Kemudian, dapat ditindak lanjuti dengan kerjasama intens, mengarah pada kerjasama prodi.” Menurut beliau, kerjasama ini juga dapat menambah poin-poin penilaian pada saat akreditasi. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan yang tidak diharapkan.

Sebelum mengakhiri acara, masing-masing universitas memberikan cindera mata dan saling berfoto bersama. Kemudian acara ditutup dengan diskusi santai oleh peserta yang hadir dalam acara tersebut.