JS Financial News - шаблон joomla Новости
Kamis, 19 Juli 2018

PENDIDIKAN PEMILIH MUDA ELECTAINMENT ON CAMPUS KPU JAWA BARAT BEKERJASAMA DENGAN CEPP FISIP UI DAN UNIVERSITAS SUBANG

Kamis, 12 April 2018 12:59

 

Pemilih Muda adalah Pemilih Cerdas. Pada tahun 2018, Provinsi Jawa Barat akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta pemilihan kepala daerah pada 16 kabupaten/kota. Mengacu proyeksi penduduk yang dilakukan oleh BPS Provinsi Jawa Barat tahun 2015, setidaknya terdapat 12,2 juta penduduk yang berada dalam rentangan usia tersebut, atau mencapai 28,3% dari total penduduk atau 37,2% bila dibandingkan dengan jumlah DPS Pilpres 2014 di Jawa Barat. Jumlah tersebut menunjukkan signifikansi suara Pemilih Muda dalam Pilgub Jawa Barat nanti. Pertanyaannya, seberapa besar peran Pemilih Muda dalam Pilgub Jawa Barat?

 

Dengan berlandaskan motivasi untuk mempersiapkan masa depan bangsa dan negara serta untuk menjaga agar Pilgub Jabar 2018 dapat berjalan dengan baik, dan menghasilkan output pilkada yang memiliki legitimasi untuk memimpin pemerintahan, maka program pendidikan politik untuk pemilih muda sangat penting dan mendesak untuk dilakukan. Untuk itu KPU Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan 30  PTN/PTS yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat, memandang perlu untuk melakukan fungsi pendidikan politik guna meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam Pilgub Jabar 2018.

 

 

Gerakan RTVI adalah gerakan pendidikan pemilih muda dibawah naungan CEPP FISIP UI yang berjejaring dengan 45 PTN/PTS se Indonesia, yang kali ini diselenggarakan oleh Universitas Subang.  Kegiatan Rock The Vote di antaranya belajar demokrasi, politik, dan pemilu dirancang dengan metode diskusi di ruang terbuka bersama dengan para Tutor Mahasiswa yang terdiri dari Fitriani, A.Md, Dini Resmawati, Faqihudin Firdaus, Indah Dewi Punama, Nurdin, Asep Firman, M. Aep Saepulloh, dan M. Prayoga Yahasdian. Mereka adalah mahasiswa senior yang telah diseleksi menjadi tutor. Para peserta akan dibagi menjadi kelompok-kelompok dan dibimbing oleh para Tutor Mahasiswa untuk melakuka Focus Group Discussion (FGD). Metode pendidikan pemilih muda ini diharapkan terjadi dialog antar pemuda yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

 

 

 

Electainment on Campus - Rock The Vote Indonesia di Jawa Barat, khususnya di Universitas Subang merupakan salah satu dari rangkaian gerakan pendidikan pemilih muda Electainment on Campus - Rock The Vote Indonesia di 30 PTN/PTS se Jawa Barat kerjasama KPU Provinsi Jawa Barat. Acara yang diselenggarakan di Universitas Subang ini adalah kegiatan Electainment on Campus - Rock The Vote Indonesia yang pertama dilaksanakan oleh Universitas Subang dan merupakan rangkaian kegiatan Electainment on Campus - Rock The Vote Indonesia dalam kegiatan Perguruan Tinggi yang akan diselenggarakan di 30 PTN/PTS tersebut. Kegiatan RTVI di Universitas Subang selain diikuti oleh 174 peserta khusus juga diikuti oleh peserta tambahan sebanyak 360 peserta. Acara ini turut dihadiri oleh Perwakilan KPU Provinsi Jawa Barat, KPU Kabupaten Subang, Panwa Kabupaten Subang dan CEPP FISIP UI.

 

Kegiatan Electainment on Campus – Rock The Vote Indonesia : Meningkatkan Partisipasi  Pemilih Muda dalam Pilgub Jawa Barat 2018 yang diselenggarakan sebagai kerjasama antara Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat dengan CEPP FISIP UI dan Universitas Subang terlaksana dengan baik.

 

 

Kegiatan yang dikemas dengan gaya anak muda dengan pendekatan pop culture (penampilan musik, diskusi kelompok sebaya, pemutaran film dan election mock) ini sangat efektif dan terbukti sukses untuk meningkatkan pemahaman meningkatkan pemahaman para peserta terutama para pemilih muda tentang Demokrasi, Pemilu, Pilgub Jawa Barat 2018, bagaimana menjadi Pemilih Rasional, Kritis dan Cerdas serta tentang Masalah yang ada di Provinsi Jawa Barat, serta meningkatkan kesadaran para peserta untuk mau menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jabar 2018.

 

 

Sebagai kegiatan yang bernilai positif, Electainment on Campus – Rock The Vote Indonesia : Meningkatkan Partisipasi  Pemilih Muda perlu diselenggarakan kembali dalam rangka menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2018. Untuk itu harus ada sinergi,  koordinasi dan kerjasama yang baik diantara para pemangku kepentingan baik akademisi dan lembaga eksekutif (Pemerintah Daerah) dan lembaga-lembaga penyelenggara pemilu (KPU Pusat, KPU Provinsi, KPU Kab/Kota, Bawaslu dan Panwaslu).

 

Kegiatan berjalan lancar dari pembukaan yang dipapag dengan Lingkung Seni Sunda LISES UNSUB hingga akhir tanpa kendala cuaca seperti hujan dan sebagainya. Kegiatan diskusi kelompok/tutoring bersama dengan fasilitator berjalan sangat baik. Para peserta sangat aktif untuk mengemukakan pendapat sesuai materi terutama mengenai politik, pemilihan umum baik pada sesi tutoring maupun sesi diskus. Begitu juga pada sesi election mock, para peserta antusias mengikuti proses simulasi pencoblosan surat suara di TPS, yang diliput oleh awak media cetak maupun elektronik. Kegiatan di hari H juga disiarkan secara langsung melalui Radio Pemerintah Kabupaten Subang (Radio Benpas). Pelaksanaan orasi dan pembacaan deklarasi juga berjalan dengan baik dan dilakukan dengan semangat oleh seluruh peserta. Pada akhirnya, seluruh kegiatan yang telah direncanakan terlaksana dengan baik, kondusif dan memenuhi harapan bersama.  Dekorasi panggung yang sangat mencerminkan Pendidikan Pemilih Muda –RTVI menambah suasana menarik, disamping penataan dekorasi taman di depan panggung yang membawa suasana menarik dan hidup.  Kemeriahan acara RTVI di Universitas Subang sangat nampak karena kegiatannya disinergikan dengan program Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi yakni Euforia FIA. Kegiatannya mencakup Dance Competition dan kegiatan Singing  Competition. Kegiatan ini memperebutkan Piala Bergilir Dekan Fia dan Piala Tetap Dekan Fia Unsub. Peserta Dance Competition : Boble Dance (Pagaden Subang), Sma Yadika (Kalijati Subang), Sman 1 Tanjungsiang, Nevada Dance (Sman 1 Purwadadi  Subang), Gloria Dance (Purwadadi), Frenzy Dance (Purwadadi), Black Swan Yunior (Sma Pgri 1 Subang), Black Swan Senior (Sma Pgri 1 Subang; sedangkan peserta Singing Competition : Chacha /Mhs Fak.Hukum, Melia / Mhs Fia Unsub, Hilia / Siswa Sman 1 Jalancagak, Martunas Sihombing / Siswa Sma Yadika Kalijati, Sari Rahayu / Siswa Sma Yadika Kalijati, Ira Fatmawati / Sma Yadika Kalijati, Fera Kodriyah / Siswa Sman 1 Tanjungsiang.  Kegiatan ini berlangsung setelah acara RTVI dimulai dari pukul 13.00 wib sampai dengan pukul 17.45 wib. Kegiatannya sangat meriah, dinamik, menghibur dan membangun kebersamaan antar pelajar / sekolah yang mengikuti kompetisi. Kegiatan juga dihadiri oleh Ketua Yayasasan Kutawaringin Subang ( Dr. Drs. H. Komir Bastaman,SH,M.Si ) sampai dengan pembagiah hadiah kejuaraan. Dalam acara penutupan juga diumumkan pemilihan hasil pemilihan mahasiswa dan dosen favorit pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang.

 

 

 

Kegiatan yang dikemas dengan gaya anak muda dengan pendekatan pop culture (penampilan musik, diskusi kelompok sebaya, pemutaran film dan election mock) ini sangat efektif dan terbukti sukses untuk meningkatkan pemahaman meningkatkan pemahaman para peserta terutama para pemilih muda tentang Demokrasi, Pemilu, Pilgub Jawa Barat 2018, bagaimana menjadi Pemilih Rasional, Kritis dan Cerdas serta tentang Masalah yang ada di Provinsi Jawa Barat, serta meningkatkan kesadaran para peserta untuk mau menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jabar 2018.

GALERI FOTO BERITA

Tentang Kami :

Universitas Subang (Unsub) merupakan Universitas pertama yang ada di kabupaten Subang, memiliki 7 Fakultas dan 14 Program Studi (prodi) dengan jenjang pendidikan S2, S1 dan D3. Terdiri atas 2 (dua) kampus, yakni Kampus I dan Kampus II.

Hubungi Kami :

Universitas Subang (UNSUB)

Alamat : Jl. R.A. Kartini Km. 3 Subang

Kode Pos 41285 - Jawa Barat - Indonesia

Telepon : (0260) 4240927

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.